Mobil di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi segmen yang cukup menjanjikan di pasar automotif nasional. Dalam kurun semester pertama 2012 (Januari-Juli) tingkat penjualan SUV 4x2 mencapai angka 28.233 unit, yang diisi enam merek.
Toyota Fortuner SUV Terbaik menjadi yang tertinggi karena mencatatkan angka penjualan mencapai 11.895 unit dengan market share mencapai 39,4 persen. Angka ini diprediksi akan terus menaik sampai akhir 2012 ini. Toyota Astra Motor (TAM), mengincar market share 40 persen bisa disambar Fortuner.
“Pasar SUV ini unik, setiap ada pengembangan produk pasar selalu berkembang, karena pasar ini selalu dicari konsumen. Jadi, sangat wajar memang jika SUV sedang meningkatm, karena memang banyak produk baru ataupun facelift,” jelas GM Corporate Planning & PR PT TAM, Widyawati Soedigdo, dalam test drive Fortuner, di Bandung, Senin (10/9/2012).
Widyawati menambahkan, penjualan TAM di kelas ini juga baik, Fortuner mampu merebut pasar 39,4 persen. “Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini kita terus memimpin dan bisa merebut pasar 40 persen,” lanjutnya.
Berdasarkan data Gaikindo, Fortuner bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero yang meraih penjualan mencapai 6.514 unit dengan market share 21,6 persen. Di belakang Pajero ada Honda CR-V yang meraih penjualan 5.490 unit dengan market share 18,2 persen.
Lalu ada Nissan X-Trail dengan penjualan 1.661, disusul Chevrolet Captiva mencatat penjualan 1.476, terakhir ada KIA Sportage yang merebut penjualan sebanyak 1.197 unit.
Angka penjualan Yamaha Mio J di daerah Kulonprogo Yogyakarta semakin meningkat sejak diluncurkan bulan Februari lalu. Pada awal peluncurannya, dalam sebulan penjualannya mencapai 20 sampai 30 unit. Namun, hingga pertengahan Mei penjualan meningkat menjadi 40 sampai 50 unit untuk wilayah Wates. “Untuk wilayah Kulonprogo penjualannya setiap bulan hingga 70 unit. Mio J saat ini memang menjadi andalan karena keunggulannya,” kata Marketing Support Yamaha SBM Wates, Atang Wijiyanto, Sabtu (19/5). Terdapat tiga varian Mio J, Mio J F1, Mio J CW F1 dan Mio J Teen. Walaupun awalnya membidik pangsa pasar kalangan remaja, Mio J kini telah diminati seluruh elemen masyarakat, ujar Atang. Selain tampilan yang lebih menarik, Yamaha Mio J juga hadir sebagai motor matic injeksi irit harga murah . ”Perbandingannya, satu liter digunakan untuk 60 km. Selain itu, diasil silendernya mengadopsi tekhnologi moto GP dengan sistem modular di mana bila ada kerusakan diganti per bagian saja bukan seluruh me
Komentar
Posting Komentar